Fakultas Kedokteran Untirta

Fakultas Kedokteran UNTIRTA merupakan fakultas baru di universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang terbentuk sejak program studi pendidikan dokter disahkan berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 283/KPT/I/2019. Program studi Kedokteran Untirta saat ini dibawah pengampuan FK UI.

LATAR BELAKANG

FK Untirta yang terdiri atas 5 Program Studi merupakan salah satu strategi untuk mendukung program kesehatan di Provinsi Banten.

Program Studi ini bertujuan untuk menghasilkanntenaga dokter yang kompeten di tingkat nasional dan internasional. Program studi kedokteran Untirta merupakan langkah strategis dalam memperluas peran UNTIRTA pada masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat banten pada khususnya.

Program Studi Kedokteran UNTIRTA memperluas akses bagi putra dan putri terbaik lulusan SMA di Provinsi Banten.

Adanya skema beasiswa ikatan dinas dari pemda setempat sehingga setelah selesai pendidikan, mereka akan mengikuti kontrak sesuai dengan pemberi beasiswa pemerintah sesuai dengan asal.

Selain ikatan dinas, Program studi pendidikan dokter Untirta terbuka untuk Putra Putri terbaik di luar Provinsi Banten melalui jalur Mandiri.

 

KURIKULUM

Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum yang mengacu pada Standar Kompetensi Indonesia (SKDI) 2012, yang merupakan kurikulum pendidikan dokter modern dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, berbasis masalah, terintegrasi horizontal dan vertikal, berbasis komunitas, memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal, memberikan pilihan luas mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan dan pelaksanaan yang sistematik.

Struktur kurikulum dibagi dalam 2 tahap, yaitu

  1. Tahap sarjana kedokteran yang ditempuh selama 8 semester dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked)
  2. Tahap profesi dokter yang ditempuh selama 4 semester dengan gelar Dokter (dtr).

 

KARAKTERISTIK DAN KEUNGGULAN

Selain perhatian utama pada permasalahan kesehatan masyarakat di Provinsi Banten, Program Studi Pendidikan Dokter Untirta Banten juga memepertimbangkan posisi strategis Banten dan memperhatikan banyaknya kawasan industri yang tersebar di Banten, maka Kedokteran Kerja (Okupasi) dijadikan keunggulan dari Program Studi Kedokteran UNTIRTA.

 

1. FK_UNTIRTA_PROFIL_070621